Kamis, 12 Februari 2009

Modul Pelatihan PHP and MySQL

Modul Pelatihan PHP and MySQL

Pendahuluan

Konsep Multi Tier Application

Multi tier application adalah aplikasi yang dibagi menjadi beberapa bagian yang menjalankan fungsi masing-masing. Secara umum, ada tiga bagian utama dari multi tier application:
• Client side presentation
• Server side business logic
• Backend storage

Client Side Presentation
Client side presentation mengatur bagaimana aplikasi berinteraksi dengan user. Yang dimaksud dengan interaksi antara lain adalah: bagaimana data ditampilkan, bagaimana fungsi dan fitur aplikasi ditampilkan.
Dalam aplikasi berbasis web, client side presentation dibuat dengan bahasa HTML, CSS, dan JavaScript. Beberapa tool yang digunakan untuk membuat client side presentation diantaranya Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver, dan sebagainya.Client side presentation berbasis web contohnya adalah tampilan aplikasi email yang kita buka dengan browser.

Server Side Business Logic
Server side business logic, sering disebut juga middle tier, adalah bagian yang bertanggung jawab atas cara kerja aplikasi. Di dalamnya kita mengatur bagaimana fungsi dan fitur aplikasi dapat bekerja dengan baik. Dalam aplikasi berbasis web, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan, ditentukan oleh jenis platform yang digunakan. Alternatif ini akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya.

Back End Storage
Bagian ini mengatur cara penyimpanan data. Penyimpanan data merupakan materi yang cukup kompleks dalam pembangunan aplikasi. Karena kecepatan, keutuhan, dan keamanan data merupakan faktor kritis dalam aplikasi.
Ada banyak solusi database yang tersedia di pasaran. Pada umumnya, database yang digunakan bertipe relasional (Relational Database Management System – RDBMS). Manajemen data dilakukan dengan bahasa SQL (Standard Query Language).


Perbedaan Web Based Programming dengan System Programming
Pembuatan aplikasi berbasis web berbeda dengan pembuatan aplikasi berbasis windows (visual programming), misalnya Visual Basic, Delphi, atau KDevelop. Dalam visual programming, kita meningkatkan kecepatan dan kinerja aplikasi dengan mengoptimasi penggunaan memori, manajemen proses, dan pengaturan Input-Output. Pada pemrograman berbasis web, faktor yang menentukan kinerja aplikasi adalah kecepatan akses database dan kecepatan akses jaringan dan internet.

Perbedaan kedua, adalah cara aplikasi berjalan. Pada aplikasi visual, aplikasi dibangun dengan menggunakan tool tertentu, kemudian dikompilasi. Hasilnya dapat langsung digunakan dalam komputer. Aplikasi berbasis web tidak dapat dijalankan langsung di komputer. Untuk menjalankannya, dibutuhkan engine tertentu, dalam hal ini web server.

Teknologi Alternatif
Teknologi server side yang akan kita pelajari pada modul ini adalah PHP. Walaupun demikian, perlu diketahui teknologi alternatif yang dapat menjadi bahan pertimbangan :

CGI Script
CGI Script dapat dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman, misalnya Perl atau Phyton. Teknologi ini pernah sangat populer di masa awal berkembangnya web based application. Tetapi saat ini banyak ditinggalkan orang karena tidak efisien, tidak fleksibel, dan keamanannya rendah.

Proprietary API
Teknologi ini adalah bahasa pemrograman yang disediakan masing- masing webserver, misalnya ISAPI atau NSAPI. Teknologi ini memiliki kelemahan, yaitu hanya dapat berjalan di webserver tertentu, sehingga mengurangi portabilitas.

ASP
Merupakan solusi server side programming dari Microsoft. Teknologi ini banyak digunakan oleh para programmer yang berlatar belakang Visual Basic. Database pasangannya adalah MS SQL Server. Operating system pasangannya adalah Window 2000 Server yang menjalankan webserver Microsoft IIS.


JavaServlet/JSP
Teknologi server side Java. Mempunyai banyak keunggulan dan kemudahan pemrograman. Tetapi karena murni berorientasi objek, banyak programmer pemula kesulitan menggunakannya. Selain itu, Java juga adalah bahasa pemrograman yang relatif rumit bagi pemula. Keunggulannya, sangat portabel. Dapat dipindahkan dengan mudah dari Windows ke Unix dan sebaliknya.

ColdFusion
Bahasa pemrograman ini mirip dengan HTML, menggunakan tag untuk membentuk blok-blok programnya.


PHP
Banyak digunakan oleh programmer berlatar belakang C/C++ karena kemiripansyntaxnya. Open source,karenanya gratis dan bebas. Database pasangannya biasanya MySQL, dijalankan bersama webserver Apache di atas operating system Linux. Semuanya gratis dan bebas.

PHP Basics
1. Embedding PHP in HTML
a. Using PHP Tags
File welcome.php
?>?>?>
output
…..
b. PHP tag styles
c. PHP statement
Statement
Statement adalah satuan perintah dalam PHP. Statement harus diakhiri dengan tanda semicolon/titik-koma (;).

Contoh statement :
echo(“Selamat Belajar PHP di EEPIS”);

Contoh lainnya :
echo(“7 + 5 = ” . 7+5);

Expression
Expression adalah satu bagian kecil kode yang akan dihitung hasilnya oleh php. Contoh expression :
7 + 5

Penggunaan expression :
echo(“7 + 5 = ” . 7+5);

d. Whitespace
e. Comments
Comment adalah bagian dari kode yang tidak dieksekusi/dijalankan. Comment dibuat untuk memperjelas atau memberi keterangan pada kode program.

Ada dua cara menulis comment : comment satu baris dan comment banyak baris.
Comment satu baris dibuat dengan menggunakan tanda //. Semua statement yang ada di kanan // tidak dijalankan oleh interpreter. Contoh penggunaan:

echo(“4 + 5 = ” . 4+5); // menampilkan hasil 4 + 5

Comment banyak baris dibuat dengan menggunakan pasangan /* dan
*/. Semua tulisan yang dibuat di antara tanda tersebut tidak akan dieksekusi oleh interpreter. Contoh penggunaan :
/*
kode ini akan menampilkan hasil dari
4 + 5
*/
echo(“4 + 5 = ” . 4+5);






2. Adding dynamic Content
3. accesing form variables
4. Identifiers
5. User-declared variables
Variabel digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara. Data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi. Untuk penyimpanan data yang permanen, kita dapat menyimpan data di database atau di disk. Silahkan mengacu pada Akses Database untuk mendalami penggunaan database, dan Akses File dan Folder untuk penyimpanan data di filesystem.

Variabel di PHP diawali dengan tanda $.
Untuk dapat menggunakan variabel, ada dua langkah yang harus dilakukan,
Deklarasi dan variabel.

a. Deklarasi Variabel.
Deklarasi variabel bisa disebut juga memperkenalkan atau mendaftarkan variabel ke dalam program.
Dalam php, deklarasi variabel seringkali digabung dengan inisialisasi.
Variabel dalam PHP dinyatakan dengan awalan $.
Contoh :
$Nama
$Alamat
$nim

Ada beberapa aturan yang diikuti berkenaan dengan penggunaan nama variabel. Aturan pemberian nama variabel :
• Dimulai dengan tanda $
• Karakter pertama harus huruf atau garis bawah ( _ )
• Karakter berikutnya boleh huruf, angka, atau garis bawah.

b. Inisialisasi Variabel
Inisialisasi variabel adalah mengisi nilai untuk pertama kalinya ke dalam variabel. Contoh inisialisasi :
$nama = “UdinHarun”;
$Alamat = “Computer Network Lab”;
$nip = 123456;
$harga = 1000;

c. Tipe Data
Dalam bahasa pemrograman yang lain, ada bermacam-macam tipe data, misalnya integer(bilangan bulat), float (bilangan pecahan), char(karakter angka dan huruf), string(kumpulan huruf atau kata), dan berbagai tipe lainnya.

PHP mengenal dua tipe data sederhana; numerik dan literal. Ditambah dengan dua tipe data yang tidak sederhana, yaitu array dan object. Tipe Numerik dapat menyimpan bilangan bulat.PHP mampu menyimpan data bilangan bulat dengan jangkauan dari -2 milyar sampai+2 milyar. Contoh bilangan bulat: 3, 7, 20.

Selain itu, tipe numerik juga digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan
Tipe literal digunakan untuk menyimpan data berupa kumpulan huruf, kata, dan angka.Tipe boolean, yang dikenal dalam bahasa program yang lainnya, tidak adadalam PHP.

Untuk menguji benar salah (true false), kita menggunakan tipe data yang tersedia. FALSE dapat digantikan oleh integer 0, double 0.0 atau string kosong, yaitu "". Selain nilai itu, semua dianggap TRUE.
Variabel dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data. Misalnya data numerik yang dapat dioperasikan secara matematika. Contoh :

$jumlahBarang = 3;
$harga = 1000;
$pembayaran = $jumlahBarang * $harga;

pada contoh di atas, variabel pembayaran akan menyimpan nilai 3000.
Sedangkan data non numerik (disebut juga data literal) tidak dapat dioperasikan secara matematika. Contoh :
$nama = $namaDepan + $namaBelakang;

variabel nama akan menyimpan gabungan dari dua variabel, yaitu
“Endy Muhardin”.

Secara umum, data literal ditandai dengan pasangan “ dan “. Data numerik tidak dikelilingi oleh “ dan “. Tetapi biasanya PHP akan secara otomatis mengubah tipe data sesuai kebutuhan. Contoh :

$jalan = “Gubeng Kertajaya”;
$noRumah = 29;
$blok = 4c;
$jumlahPenghuni = 3;

$alamat = $jalan + $noRumah;
$hasil = $noRumah + $jumlahPenghuni;
$hasilAneh = $blok + $noRumah;

Pada sampel kode di atas, variabel alamat akan menyimpan nilai Gubeng Kertajaya 29. PHP secara otomatis mengubah tipe data variabel noRumah (numerik) menjadi literal. Variabel alamat akan bertipe literal.

Variabel hasil akan menyimpan nilai 32, yaitu penjumlahan dari 29 dan 3.
Perhatikan, konversi otomatis ini kadang berjalan secara tidak semestinya. Ini dapat dilihat dari variabel hasilAneh yang akan menyimpan nilai 7. PHP mengambil nilai numerik dari variabel blok, yaitu 4, kemudian menambahkannya dengan isi variabel jumlahPenghuni. Hasil akhirnya adalah 4 + 3, yaitu 7.


d. Passing Variabel
Variabel dapat di-passing atau diteruskan ke halaman web berikutnya yang diakses user. Ada beberapa teknik untuk meneruskan variabel, diantaranya :
• Melalui URL
• Melalui Form
• Melalui Cookie

URL
Variabel diteruskan melalui URL dengan format sbb
[alamat web]?var1=nilai1&var2=nilai2

Misalnya, untuk memberikan variabel $nama berisi “Endy” dan $alamat =

“Surabaya” ke welcome.php, kita akan menulis :
welcome.php?nama=Endy&alamat=Surabaya

Di kolom address pada explorer. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.
Variabel ini dapat diakses di script welcome.php dengan cara sebagai berikut :
?>?>?>

Form
Cara lain untuk mengirim kedua variabel tersebut adalah dengan menggunakan form dengan kode sebagai berikut :



Latihan Variabel 2





Varibel Form



Nama :


Alamat :









Cookies
Penggunaan cookie akan dibahas pada bagian tentang session.

6. Operators
Operator digunakan untuk memanipulasi nilai suatu variabel. Variabel yang nilainya dimodifikasi oleh operator disebut operand. Contoh penggunaan operator misalnya 13 - 3. 13 dan 3 adalah operand. Tanda "-" disebut operator.
• Arithmetic Operator
Arithmetic Operator digunakan untuk melakukan perhitungan matematika. Misalnya
$a = 5 + 3;
Operator "+" berfungsi untuk menambahkan kedua operand (5 dan 3).
Ada beberapa arithmetic operator, yaitu :
a. + : penjumlahan
b. - : pengurangan
c. * : perkalian
d. / : pembagian
e. % : nilai sisa pembagian

contoh :
?>?>?>");
printf("6 + 1 = %d
\n",6 + 1);
printf("6 - 1 = %d
\n",6 - 1);

print("
Perkalian :
\n");
printf("10 * 2 = %d
\n",10 * 2);
printf("25 + 3 = %d
\n",25 + 3);

print("
Pembagian:
\n");
printf("100 / 4 = %d
\n",100 / 4);
printf("25 / 5 = %d
\n",25 / 5);

print("
Modulo :
");
print("6 % 5 ="); print(6 % 5); print("
");
print("6 % 3 ="); print(6 % 3);
//printf("6 % 3 = %d
\n",6 % 1);
?>

• Assignment Operator
Assignment operator digunakan untuk memberi/mengisi nilai ke dalam variabel tertentu
Contoh :
?>?>?>\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");
?>


• Comparison Operator
Relational operator digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand. Hasil perbandingan dinyatakan dalam nilai boolean. TRUE berarti benar, dan FALSE berarti salah.

a. == : memeriksa apakah operand kanan bernilai sama dengan operand kiri
b. > : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih besar daripada operand kanan
c. < : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih kecil dengan operand kanan d. >= : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih besar atau sama dengan operand kanan
e. <= : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih kecil atau sama dengan operand kanan f. != : memeriksa apakah operand kanan tidak bernilai sama dengan operand kiri contoh : ?>?>?> $b -> %d
\n", $a > $b);
printf("$b > $a -> %d
\n", $b > $a);
printf("$a < $b -> %d
\n", $a < $b); printf("$a == $c -> %d
\n", $a == $c);
printf("$a == $b -> %d
\n", $a == $b);
printf("$a != $c -> %d
\n", $a != $c);
printf("$a <> $b -> %d
\n", $a <> $b);
?>

• Logical Operator
Logical Operator digunakan untuk membandingkan dua nilai variabel yang bertipe boolean. Hasil yang didapat dari penggunaan logical operator adalah boolean.

Contoh :
?>?>?>\n",$kar >= 'A' and $kar <="Z"); printf("$kar adalah huruf kecil : %d
\n",$kar >= 'a' and $kar <="z"); printf("$kar adalah huruf angka : %d
\n",$kar >= '0' and $kar <="9"); ?>
































7. Control Structures
Control flow dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai aliran kendali. Maksud sebenarnya dari control flow adalah bagaimana urutan eksekusi perintah di dalam program.
Misalnya, dalam function :
function testFlow()
{
int a = 5;
echo(a);
}
Perintah pertama yang dijalankan adalah mengisi nilai 5 ke dalam variabel a.
Perintah kedua yang dijalankan adalah menampilkan nilai yang tersimpan dalam variabel a (dalam hal ini 5) ke browser.
Control flow di atas merupakan sebuah contoh sederhana. Beberapa control flow yang tersedia dalam PHP :
• Percabangan (branching)
• Perulangan (looping)
• Perpindahan (jumping)

a. Pernyataan if
Pernyataan akan dijalankan hanya kalau bagian ekspresi bernilai benar.
Contoh :
?>?>?>= 100000)
$keterangan = "Dapat Diskon";
print("$keterangan
\n");
?>
b. Pernyataan If-else
Menjalankan suatu tindakan tertentu bila kondisi benar dan menjalankan tindakan yang lain jika kondisi bernilai salah.
Contoh :
Hari ini :

?>?>?>
c. dda
d. Dad
e. Das
f. das

8. Conditionals
9. Ietarion and loops
10. Breaking/continuing loops
PHP Project Stage I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar