Rabu, 11 Februari 2009

Command, List dan Interaksi User

Seri Interaksi User
Command, List dan Interaksi User
Chocolove Mic
chocolove_mic@yahoo.co.uk
http://www.mycgiserver.com/~chocolove2003
Pada tulisan ini akan dibahas tentang penggunaan class Command dan tip-trik penggunaan class
ini dalam sebuah aplikasi.
Menambahkan Command
Objek yang dibentuk dari class Command dapat ditambahkan pada banyak objek, misalnya
objek yang dibuat dari class Form, class TextBox, class Canvas dan lain-lain. Berikut ini objekobjek
yang dibentuk dari class Command akan ditambahkan ke dalam objek yang dibentuk dari
class Form.
CommandMidlet01.java
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class CommandMidlet01 extends MIDlet implements CommandListener {
private Command cmdKeluar;
private Command cmdAlert;
private Display display;
private Form form;
private Alert alert;
public CommandMidlet01() {
form = new Form("Aplikasi 01");
cmdKeluar = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
cmdAlert = new Command("Alert", Command.SCREEN, 2);
form.addCommand(cmdAlert);
form.addCommand(cmdKeluar);
form.setCommandListener(this);
}
public void startApp() {
display = Display.getDisplay(this);
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat
tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang
disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang,
kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Kuliah Berseri IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Tips J2ME
Chocolove Mic
2
display.setCurrent(form);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (d == form) {
if (c == cmdKeluar) {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
else {
alert = new Alert("Alert..!!!");
alert.setString("Tombol Alert ditekan...");
display.setCurrent(alert);
}
}
}
}
Sumber : -
Berikut adalah keluaran dari contoh aplikasi di atas.
Di bawah ini adalah tampilan pertama ketika aplikasi dijalankan.
Sedangkan apabila tombol untuk Alert ditekan maka
bisa dilihatan tampilan seperti berikut di samping
kanan ini.
Command dan List
Tahap selanjutnya akan dibuat aplikasi yang didalamnya terdapat perintah (command) untuk
keluar aplikasi dan untuk memanggil menu yang merupakan objek dari List. Pada menu
terdapat item-item yang akan memberikan aksi berupa alert yang merupakan objek yang
dibentuk dari class Alert. Selain itu juga terdapat aksi yang mengembalikan ke tampilan awal
aplikasi.
Berikut adalah kode dari aplikasi yang telah dideskripsikan di atas.
CommandMidlet02.java
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class CommandMidlet02 extends MIDlet implements CommandListener {
private Display display;
private Command cmdMenu;
private Command cmdKeluar;
private TextBox textBox;
private List mainMenu;
public CommandMidlet02() {
textBox = new TextBox("Aplikasi 02", "Ini Command Midlet 02", 256, 0);
Kuliah Berseri IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Tips J2ME
Chocolove Mic
3
cmdMenu = new Command("Menu", Command.SCREEN, 1);
cmdKeluar = new Command("Keluar", Command.SCREEN, 1);
textBox.addCommand(cmdMenu);
textBox.addCommand(cmdKeluar);
textBox.setCommandListener(this);
}
public void startApp() {
display = Display.getDisplay(this);
display.setCurrent(textBox);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commandAction (Command c, Displayable d) {
if (d == textBox) {
if (c == cmdKeluar) {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
else if (c == cmdMenu) {
mainMenu = new List("Menu Aplikasi 02", List.IMPLICIT);
mainMenu.append("Link 1", null);
mainMenu.append("Link 2", null);
mainMenu.append("Kembali", null);
mainMenu.setCommandListener(this);
display.setCurrent(mainMenu);
}
}
else if (d == mainMenu) {
if (mainMenu.isSelected(0)) {
// Ketik operasi yang diinginkan
// ketika tombol untuk Link1 ditekan
}
else if (mainMenu.isSelected(1)) {
// Ketik operasi yang diinginkan
// ketika tombol untuk Link2 ditekan
}
else if (mainMenu.isSelected(2)) {
display.setCurrent(textBox);
}
}
}
}
Sumber : -
Berikut adalah tampilan pertama dari aplikasi dan ketika tombol untuk Menu ditekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar