Rabu, 11 Februari 2009

Menampilkan Gambar Dalam Java

MENAMPILKAN GAMBAR DALAM JAVA UNTUK PEMULA

Text Box: Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.Rafles Hajrul M

R_abelssss@yahoo.com

Sebagaimana kita ketahui bahasa Java merupakan bahasa yang sedang naik daun saat ini. Bahasa Java merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dengan berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Satu hal yang sangat menarik dari bahasa pemrograman ini adalah tampilan output dari programnya. Dengan kata lain, bahasa Java dilengkapi dengan fasilitas GUI. Apa itu GUI? Mungkin anda pernah melihat gambar pada output dari sebuah program Java?. Nah, Fasilitas GUI inilah yang memungkinkan untuk memainkan warna, maupun gambar.

PENDAHULUAN

Bagi para pemula mungkin merasa kesulitan ataupun belum paham Bagaimana Cara Menampilkan Gambar pada bahasa Java ini ?. Di buku yang dijual di toko buku memang ditulis contoh coding untuk menampilkan gambar tersebut. hanya saja coding tersebut belum sempurna ataupun terlalu rumit untuk dimengerti dan terjadi beberapa error saat di compile (setidaknya penulis pernah mengalami beberapa waktu yang lalu).

Dalam menampilkan gambar hal yang harus diperhatikan adalah coding untuk menampilkan gambar tersebut. Setidaknya ada tiga macam coding untuk menampilkan gambar yang penulis ketahui. Namun dari ketiga macam tersebut penulis akan berikan coding yang termudah untuk di mengerti. Yaitu dengan menggunakan image icon. Berikut penulis akan berikan contoh Bagaimana Menampilkan Gambar Pada Bahasa Java

ISI

Hal yang pertama anda lakukan adalah membuat coding awal dari program yang akan anda buat. Penulis akan berikan satu contoh program sederhana yang menampilkan gambar:

Coding:

/*Author : RafLes Hajrul M

file : program3.java*/

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

import javax.swing.*;

import java.io.*;

public class program3 extends JFrame

{

String gambar[] ={ "rafles.jpg","a.jpg", "b.jpg", "c.jpg", "bunga.gif"};

Icon icons[] = { new ImageIcon( gambar[0] ),new ImageIcon( gambar[1] ), new ImageIcon( gambar[2] ),new ImageIcon( gambar[3] ),new ImageIcon( gambar[4] ), };

JLabel label;

JComboBox rafles;

JTextArea Area = new JTextArea("Menampilkan Gambar dalam java dengan image icon", 15,70);

public static void main(String[] args)

{

program3 program = new program3();

}

public program3(){

super("Menampilkan Gambar");

Area.setFont(new Font("Comic Sans MS",Font.BOLD,14));

Area.setForeground(Color.BLUE);

Area.setBackground(Color.WHITE);

//MEnAmpilkan Gambar

Container container = getContentPane();

container.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.CENTER, 0, 0));

rafles = new JComboBox( gambar );

rafles.setForeground(Color.BLUE);

rafles.setMaximumRowCount(2);

rafles.addItemListener(

new ItemListener() {

public void itemStateChanged(ItemEvent event ){

if( event.getStateChange() ==ItemEvent.SELECTED)

label.setIcon( icons[ rafles.getSelectedIndex() ] );

}

}

);

container.add("North",rafles);

label = new JLabel( icons[0] );

container.add( label );

getContentPane().setBackground( Color.WHITE);

getContentPane().add(Area,BorderLayout.CENTER);

setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

setSize(800,650);

setLocation(100,50);

setVisible(true);

show();

}

}

Setelah coding diatas diketik lalu di-save dengan nama program3.java.

Lalu langkah kedua buka command prompt lalu ketik compile dengan “ javac program3.java ” jika tidak ada kesalahan maka lanjutkan dengan mengetik “ java program3 ”. Dan akan muncul tampilan output seperti berikut :

Jika tombol pada output diklik maka akan muncul gambar yang berbeda sesuai dengan gambar yang kita inginkan yang tertulis pada coding. Dalam menampilkan gambar ini jangan lupa untuk meng copy gambar ke directory bin pada folder java yang anda miliki, jika anda tidak melakukannya maka gambar tidak akan tampil pada output. Selain itu, nama gambar harus sama dengan nama gambar yang ada pada program. Contoh: pada program di atas nama gambar yang penulis copy ke directory bin adalah rafles.jpg maka pada coding juga tertulis rafles.jpg (coba lihat pada coding).

Coding diatas menggunakan array untuk menampilkan gambar. Hal ini karena gambar yang ditampilkan lebih dari satu sehingga digunakan array untuk mempersingkat langkah dalam pengkodean. Jika gambar yang ingin ditampilkan hanya satu anda cukup dengan mengetik : Icon nama deklarasi = new ImageIcon("nama gambar"); lalu masukkan nama deklarasi tersebut ke dalam Label dan langkah selanjutnya sama seperti coding diatas. Yang berbeda hanya deklarasi variabelnya.

Penutup

Demikian petunjuk sederhana coding untuk menampilkan gambar dalam bahasa pemrograman Java. Semoga anda dapat memahami. SELAMAT MENCOBA

REFERENSI

1. Dokumentasi java : http://telaga.cs.ui.ac.id

2. Dokumentasi java : http://www.deitel.com

3. Pemrograman Java 2 , Abdul Kadir, Penerbit andi, 2006

BIOGRAFI PENULIS

Rafles Hajrul M, lahir 15 Agustus 1988 di Bengkulu.Anak Ketiga dari tiga bersaudara. Menamatkan Studi Di SD Negeri 5 Bengkulu, SMP Negeri 4 Bengkulu dan SMA di SMA Negeri 5 Bengkulu. Saat ini sedang menjalani studi di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Bengkulu. Saat ini sedang mendalami bahasa C++ dan Java. E-mail r_abelssss@yahoo.co.id

MENAMPILKAN GAMBAR DALAM JAVA UNTUK PEMULA

Text Box: Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.Rafles Hajrul M

R_abelssss@yahoo.com

Sebagaimana kita ketahui bahasa Java merupakan bahasa yang sedang naik daun saat ini. Bahasa Java merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dengan berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Satu hal yang sangat menarik dari bahasa pemrograman ini adalah tampilan output dari programnya. Dengan kata lain, bahasa Java dilengkapi dengan fasilitas GUI. Apa itu GUI? Mungkin anda pernah melihat gambar pada output dari sebuah program Java?. Nah, Fasilitas GUI inilah yang memungkinkan untuk memainkan warna, maupun gambar.

PENDAHULUAN

Bagi para pemula mungkin merasa kesulitan ataupun belum paham Bagaimana Cara Menampilkan Gambar pada bahasa Java ini ?. Di buku yang dijual di toko buku memang ditulis contoh coding untuk menampilkan gambar tersebut. hanya saja coding tersebut belum sempurna ataupun terlalu rumit untuk dimengerti dan terjadi beberapa error saat di compile (setidaknya penulis pernah mengalami beberapa waktu yang lalu).

Dalam menampilkan gambar hal yang harus diperhatikan adalah coding untuk menampilkan gambar tersebut. Setidaknya ada tiga macam coding untuk menampilkan gambar yang penulis ketahui. Namun dari ketiga macam tersebut penulis akan berikan coding yang termudah untuk di mengerti. Yaitu dengan menggunakan image icon. Berikut penulis akan berikan contoh Bagaimana Menampilkan Gambar Pada Bahasa Java

ISI

Hal yang pertama anda lakukan adalah membuat coding awal dari program yang akan anda buat. Penulis akan berikan satu contoh program sederhana yang menampilkan gambar:

Coding:

/*Author : RafLes Hajrul M

file : program3.java*/

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

import javax.swing.*;

import java.io.*;

public class program3 extends JFrame

{

String gambar[] ={ "rafles.jpg","a.jpg", "b.jpg", "c.jpg", "bunga.gif"};

Icon icons[] = { new ImageIcon( gambar[0] ),new ImageIcon( gambar[1] ), new ImageIcon( gambar[2] ),new ImageIcon( gambar[3] ),new ImageIcon( gambar[4] ), };

JLabel label;

JComboBox rafles;

JTextArea Area = new JTextArea("Menampilkan Gambar dalam java dengan image icon", 15,70);

public static void main(String[] args)

{

program3 program = new program3();

}

public program3(){

super("Menampilkan Gambar");

Area.setFont(new Font("Comic Sans MS",Font.BOLD,14));

Area.setForeground(Color.BLUE);

Area.setBackground(Color.WHITE);

//MEnAmpilkan Gambar

Container container = getContentPane();

container.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.CENTER, 0, 0));

rafles = new JComboBox( gambar );

rafles.setForeground(Color.BLUE);

rafles.setMaximumRowCount(2);

rafles.addItemListener(

new ItemListener() {

public void itemStateChanged(ItemEvent event ){

if( event.getStateChange() ==ItemEvent.SELECTED)

label.setIcon( icons[ rafles.getSelectedIndex() ] );

}

}

);

container.add("North",rafles);

label = new JLabel( icons[0] );

container.add( label );

getContentPane().setBackground( Color.WHITE);

getContentPane().add(Area,BorderLayout.CENTER);

setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

setSize(800,650);

setLocation(100,50);

setVisible(true);

show();

}

}

Setelah coding diatas diketik lalu di-save dengan nama program3.java.

Lalu langkah kedua buka command prompt lalu ketik compile dengan “ javac program3.java ” jika tidak ada kesalahan maka lanjutkan dengan mengetik “ java program3 ”. Dan akan muncul tampilan output seperti berikut :

Jika tombol pada output diklik maka akan muncul gambar yang berbeda sesuai dengan gambar yang kita inginkan yang tertulis pada coding. Dalam menampilkan gambar ini jangan lupa untuk meng copy gambar ke directory bin pada folder java yang anda miliki, jika anda tidak melakukannya maka gambar tidak akan tampil pada output. Selain itu, nama gambar harus sama dengan nama gambar yang ada pada program. Contoh: pada program di atas nama gambar yang penulis copy ke directory bin adalah rafles.jpg maka pada coding juga tertulis rafles.jpg (coba lihat pada coding).

Coding diatas menggunakan array untuk menampilkan gambar. Hal ini karena gambar yang ditampilkan lebih dari satu sehingga digunakan array untuk mempersingkat langkah dalam pengkodean. Jika gambar yang ingin ditampilkan hanya satu anda cukup dengan mengetik : Icon nama deklarasi = new ImageIcon("nama gambar"); lalu masukkan nama deklarasi tersebut ke dalam Label dan langkah selanjutnya sama seperti coding diatas. Yang berbeda hanya deklarasi variabelnya.

Penutup

Demikian petunjuk sederhana coding untuk menampilkan gambar dalam bahasa pemrograman Java. Semoga anda dapat memahami. SELAMAT MENCOBA

REFERENSI

1. Dokumentasi java : http://telaga.cs.ui.ac.id

2. Dokumentasi java : http://www.deitel.com

3. Pemrograman Java 2 , Abdul Kadir, Penerbit andi, 2006

E-mail r_abelssss@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar